Berbagi tidak hanya pada konteks charity saja, melainkan berbagi dapat kita lakukan dengan cara berbagi ilmu, pengetahuan, dan keterampilan. Kali ini merupakan kegiatan Berbagi saya yang pertama Tatap Maya dengan menggunakan aplikasi Webex.
Berbagi Gagasan dan Wawasan bersama Sahabat Rumah Belajar Jawa Tengah 2020
Tema:
“Berbagi Gagasan dan Wawasan tentang
Fitur-fitur Rumah Belajar”
Dilaksanakan untuk memperkenalkan
kepada audience tentang pemanfaatan fitur yang ada dalam rumah belajar seperti
fitur edugame, wahana jelajah angkasa, dan menjadi creator konten pada fitur
sumber belajar.
Saat ini belum semua guru dan siswa
mengenal dan dapat memanfaatkan portal rumah belajar. Kegiatan ini bertujuan
untuk memperkenalkan Rumah Belajar kepada masyarakat luas terutama guru dan
peserta didik.
Guru diharapkan dapat memanfaatkan
portal rumah belajar dalam pembelajaran jarak jauh.
Hari : Selasa
Tanggal : 13 Oktober 2020
Waktu : 19.00 WIB
Jumlah Peserta: 15 orang (Lampiran Daftar Hadir)
Webinar Bergas Waras ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Oktober 2020 pukul 19.00-21.00 WIB. Kegiatan ini disiarkan di media zoom dan kanal youtube Dian Wicaksono dan Dapoer Ilmoe.
Moderator : Rosydah (SRB Jateng 2020)
Guest Star : Bapak Tukijo (DRB Jateng 2017)
Narasumber 1 : Bapak Dian Wicaksono (SRB Jateng 2020)
Materi: Berkarya dengan Sumber Belajar
Power Point: Berkarya dengan Sumber Belajar
Sebagai guru kita dapat berkontribusi
dalam mengisi konten di fitur Sumber Belajar. Bagaimana cara agar kita bisa
mengisi konten di sumber belajar yang ada di rumah belajar? Caranya itu sangat
mudah sekali, kita hanya membutuhkan konten yang akan diupload serta akun di
rumah belajar. Berbicara mengenai konten yang akan diupload itu bisa berbentuk
video maupun audio, kita diberi kebebasan untuk memilih jenis konten.
Sebelum menambahkan konten kita harus terlebih dahulu mempunyai akun di rumah belajar kemudian kita tinggal mengklik tambah konten lalu pilih konten video atau web.
Narasumber 2 : Mutamimatul Ula (SRB
Jateng 2020)
Materi: Pemanfaatan Edugame dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Power Point: Pemanfaatan Edugame dalam PJJ
Pandemi Covid-19 masih betah mengusik dunia. Berbagai upaya terus dilakukan agar segera dapat mengakhiri masa pandemi, juga agar pandemi tidak mencekik seluruh sektor kehidupan termasuk pendidikan.
Di tengah pandemi yang terus melaju, dunia pendidikan tetap harus terus mendapatkan perhatian agar tidak terdampak buruk. Tentu kita tidak menginginkan pandemi Corona mengancam dunia pendidikan.
1. Memicu Percepatan
Transformasi Pendidikan
Sistem PJJ yang
berbasis teknologi tentu mengharuskan lembaga pendidikan, guru, siswa bahkan
orang tua agar cakap teknologi. Hal ini memicu percepatan transformasi
teknologi pendidikan di negeri ini. Ini tentu berdampak positif karena
penggunaan teknologi dalam pendidikan selaras dengan era Revolusi Industri 4.0
yang terus merangsek maju.
2. Banyak Munculnya Aplikasi
Belajar Online
Percepatan transformasi teknologi
pendidikan karena pandemi Corona membuat berbagai platform meluncurkan berbagai
aplikasi belajar online guna mendukung PJJ.
Banyak munculnya aplikasi belajar
online membuat belajar #DariRumahAja tetap
dapat dilakukan dengan efektif. Aplikasi-aplikasi belajar online dikembangkan
dengan penyediaan fitur-fitur yang memudahkan dalam melakoni belajar online.
3. Banyaknya Kursus Online Gratis
Kursus online gratis mulai marak di
tengah pandemi Covid-19. Banyak lembaga bimbingan belajar memberikan kursus
online gratis atau ada yang memberikan dengan potongan harga.
4. Munculnya Kreativitas Tanpa Batas
5. Kolaborasi Orang Tua dan Guru
Selama masa pandemi
ini, peserta didik tentu akan menghabiskan waktu belajar di rumah. Di mana ini
menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan guru sehingga
peserta didik tetap bisa menjalani belajar online dengan efektif.
Selain itu,
kolaborasi yang inovatif dapat mengatasi berbagai keluhan selama menjalani
belajar online. Ini akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan baik
di masa kini maupun masa mendatang.
7. Membangun
Mental Positif
Dampak Negatif
BDR
Kurangnya interaksi
sosial antar teman ataupun guru dan pelajar
Pelajar sulit dalam
memahami materi pelajaran
Kecanduan game online
Solusi dari kecanduan
game adalah dengan edugame Rumah Belajar.
Meningkatkan Motivasi
Belajar
Dengan edugame
https://belajar.kemdikbud.go.id/edugame
Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.
Narasumber 3 : Linda Nurmasari (SRB
Jateng 2020)
Materi: Pemanfaatan Fitur Wahana
Jelajah Angkasa
Power Point: Pemanfaatan Fitur Wahana Jelajah Angkasa
Wahana Jelajah Angkasa (WordWide Telescope) adalah fasilitas
pembelajaran yang terintegrasi dengan Rumah Belajar Kemdikbud (http://belajar.kemdikbud.go.id). Wahana ini
merupakan perangkat lunak visualisasi yang memungkinkan komputer berfungsi
sebagai teleskop – memadukan citra maya dari teleskop terbaik di dunia, baik
yang ada di bumi maupun berbasis ruang angkasa untuk eksplorasi alam semesta.
Berikut merupakan hasil rekaman webinar BERGAS WARAS bersama sahabat Rumah Belajar.
0 Komentar