Kegiatan Tatap Maya: BERGAS WARAS (Berbagi Gagasan dan Wawasan) bersama Sahabat Rumah Belajar Jawa Tengah 2020

Berbagi tidak hanya pada konteks charity saja, melainkan berbagi dapat kita lakukan dengan cara berbagi ilmu, pengetahuan, dan keterampilan. Kali ini merupakan kegiatan Berbagi saya yang pertama Tatap Maya dengan menggunakan aplikasi Webex.


Berbagi Gagasan dan Wawasan bersama Sahabat Rumah Belajar Jawa Tengah 2020

Tema:

“Berbagi Gagasan dan Wawasan tentang Fitur-fitur Rumah Belajar”

Dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada audience tentang pemanfaatan fitur yang ada dalam rumah belajar seperti fitur edugame, wahana jelajah angkasa, dan menjadi creator konten pada fitur sumber belajar.

Saat ini belum semua guru dan siswa mengenal dan dapat memanfaatkan portal rumah belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Rumah Belajar kepada masyarakat luas terutama guru dan peserta didik.

Guru diharapkan dapat memanfaatkan portal rumah belajar dalam pembelajaran jarak jauh.

Hari : Selasa

Tanggal : 13 Oktober 2020

Waktu : 19.00 WIB

Jumlah Peserta: 15 orang (Lampiran Daftar Hadir)

Webinar Bergas Waras ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Oktober 2020  pukul 19.00-21.00 WIB. Kegiatan ini disiarkan di media zoom dan kanal youtube Dian Wicaksono dan Dapoer Ilmoe


Moderator : Rosydah (SRB Jateng 2020)

Guest Star : Bapak Tukijo (DRB Jateng 2017)

Narasumber 1 : Bapak Dian Wicaksono (SRB Jateng 2020)

Materi: Berkarya dengan Sumber Belajar

Power Point: Berkarya dengan Sumber Belajar

Sebagai guru kita dapat berkontribusi dalam mengisi konten di fitur Sumber Belajar. Bagaimana cara agar kita bisa mengisi konten di sumber belajar yang ada di rumah belajar? Caranya itu sangat mudah sekali, kita hanya membutuhkan konten yang akan diupload serta akun di rumah belajar. Berbicara mengenai konten yang akan diupload itu bisa berbentuk video maupun audio, kita diberi kebebasan untuk memilih jenis konten.

Sebelum menambahkan konten kita harus terlebih dahulu mempunyai akun di rumah belajar kemudian kita tinggal mengklik tambah konten lalu pilih konten video atau web.


Narasumber 2 : Mutamimatul Ula (SRB Jateng 2020)

Materi: Pemanfaatan Edugame dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Power Point: Pemanfaatan Edugame dalam PJJ

Pandemi Covid-19 masih betah mengusik dunia. Berbagai upaya terus dilakukan agar segera dapat mengakhiri masa pandemi, juga agar pandemi tidak mencekik seluruh sektor kehidupan termasuk pendidikan.


Di tengah pandemi yang terus melaju, dunia pendidikan tetap harus terus mendapatkan perhatian agar tidak terdampak buruk. Tentu kita tidak menginginkan pandemi Corona mengancam dunia pendidikan.

1. Memicu Percepatan Transformasi Pendidikan

Sistem PJJ yang berbasis teknologi tentu mengharuskan lembaga pendidikan, guru, siswa bahkan orang tua agar cakap teknologi. Hal ini memicu percepatan transformasi teknologi pendidikan di negeri ini. Ini tentu berdampak positif karena penggunaan teknologi dalam pendidikan selaras dengan era Revolusi Industri 4.0 yang terus merangsek maju.


2. Banyak Munculnya Aplikasi Belajar Online

Percepatan transformasi teknologi pendidikan karena pandemi Corona membuat berbagai platform meluncurkan berbagai aplikasi belajar online guna mendukung PJJ.

Banyak munculnya aplikasi belajar online membuat belajar #DariRumahAja tetap dapat dilakukan dengan efektif. Aplikasi-aplikasi belajar online dikembangkan dengan penyediaan fitur-fitur yang memudahkan dalam melakoni belajar online.

3. Banyaknya Kursus Online Gratis

Kursus online gratis mulai marak di tengah pandemi Covid-19. Banyak lembaga bimbingan belajar memberikan kursus online gratis atau ada yang memberikan dengan potongan harga.
4. Munculnya Kreativitas Tanpa Batas

5. Kolaborasi Orang Tua dan Guru

Selama masa pandemi ini, peserta didik tentu akan menghabiskan waktu belajar di rumah. Di mana ini menuntut adanya kolaborasi yang inovatif antara orang tua dan guru sehingga peserta didik tetap bisa menjalani belajar online dengan efektif.

Selain itu, kolaborasi yang inovatif dapat mengatasi berbagai keluhan selama menjalani belajar online. Ini akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan baik di masa kini maupun masa mendatang.

7. Membangun Mental Positif

Dampak Negatif BDR

Kurangnya interaksi sosial antar teman ataupun guru dan pelajar

Pelajar sulit dalam memahami materi pelajaran

Kecanduan game online

Solusi dari kecanduan game adalah dengan edugame Rumah Belajar.

Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan edugame

https://belajar.kemdikbud.go.id/edugame

Bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.











Narasumber 3 : Linda Nurmasari (SRB Jateng 2020)

Materi: Pemanfaatan Fitur Wahana Jelajah Angkasa

Power Point: Pemanfaatan Fitur Wahana Jelajah Angkasa

Wahana Jelajah Angkasa (WordWide Telescope) adalah fasilitas pembelajaran yang terintegrasi dengan Rumah Belajar Kemdikbud (http://belajar.kemdikbud.go.id). Wahana ini merupakan perangkat lunak visualisasi yang memungkinkan komputer berfungsi sebagai teleskop – memadukan citra maya dari teleskop terbaik di dunia, baik yang ada di bumi maupun berbasis ruang angkasa untuk eksplorasi alam semesta.





Berikut merupakan hasil rekaman webinar BERGAS WARAS bersama sahabat Rumah Belajar.



Posting Komentar

0 Komentar