Mahasiswa PGSD UPP Tegal kelas 5A disuruh menentukan suatu cerita, setelah menentukan cerita tersebut seluruh mahasiswa kelas 5A membuat wayang-wayangan sesuai dengan cerita yang sudah ditentukan. Kita dibagi menjadi 2 kelompok, ada kelompok 1 yang menceritakan tentang Malin Kundang, kelompok 2 menceritakan tentang Kancil dan Siput.
Media wayang ini digunakan untuk menarik minat peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam materi cerita anak, agar materi yang disampaikan tidak monoton. Seringkali siswa merasa jenuh dan bosan dengan hanya mendengarkan cerita dari guru akhirnya menyebabkan siswa ngantuk dan melakukan hal-hal yang lain yang membuat dirinya agar merasa tidak bosan dengan mencorat-coret, menggambar di buku, dll.
Saat setelah melihat video di bawah ini mohon beri penilaian pada kelompok 1 dan 2 sesuai pernyataan di bawah ini. Beri skala 1 - 5.
1. Bagaimana kira-kira perumusan tujuan pembelajaran dilihat dari evaluasinya.
2. Pemilihan materi ajar sesuaikan dengan tujuan dan karakteristik peserta didik.
3. Pengorganisasian materi ajar.
4. Pemilihan media.
5. Kejelasan skenario pembelajaran.
6. Bagaimana penggunaan bahasa lisan.
Kalian penasaran dengan penampilan simulasi Media Wayang kami??? Hmmmm mari sama-sama kita saksikan penampilan simulasi media wayang mahasiswa PGSD UPP Tegal kelas 5A, inilah kelompok 1 dan kelompok 2. Selamat menyaksikan..........
Penampilan kelompok 1 : Malin Kundang
Penampilan Kelompok 2 : Kancil dan Siput
Inilah gambar yang dapat diambil dari penggunaan media wayang mahasiswa kelas 5A PGSD UPP Tegal.
Foto ini diambil saat pembuatan media wayang |
Setelah simulasi gambar terbaik diambil dan di pajang di depan kelas |
Setelah simulasi kami kelompok 1 mengabadikan foto kita beserta media wayang | nya. |
2 Komentar
goooooood joooooob....
BalasHapusi like it...hee
gambarnya bagus
BalasHapus