Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran di Era Pandemi Dalam Rangka HUT Ke-75 PGRI Kabupaten Kendal

Kendal – Menyambut HUT PGRI ke 75 mendorong Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kendal mengadakan berbagai kegiatan untuk menguatkan peran PGRI sebagai organisasi Profesi yang independen dan bermartabat. Salah satu kegiatannya yaitu Bimbingan Teknis Pembuatan Video Pembelajaran. Sebanyak 47 guru (SD, SMP, serta SMA dan SMK) dari 21 cabang PGRI Kab. Kendal dilatih membuat video konten pembelajaran.


Pelatihan yang digelar di Gedung PGRI Kabupaten Kendal selama dua hari pada Senin (09/11) dan Selaasa (10/11) itu merupakan agenda Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kendal yang bertajuk “Kreatifitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju”.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kendal
Sambutan Kadin Dikbud Kendal

Acara dimulai pukul 08.00 oleh Pewara. Sambutan dan pembukaan oleh Ketua Bidang Pengembangan Profesi PGRI Kabupaten Kendal Bapak Arifin, S.Pd., kemudian sambutan oleh Ketua PGRI Kab. Kendal Bapak Supoyo, S.Pd., M.Si., sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Bapak Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STp., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti membuat video pembelajaran bersama Narasumber Mutamimatul Ula, S.Pd. (SRB 2020 Prov. Jateng). Pada hari pertama narasumber memaparkan penjelasan mengenai langkah-langkah membuat video pembelajaran dan membuat naskah storyline sesuai dengan materi yang sudah disiapkan peserta bimtek. Hari kedua, narasumber memaparkan aplikasi penunjang pembuatan video pembelajaran melalui gawai seperti ponsel pintar dan peserta langsung praktik membuat video pembelajaran dengan mengambil gambar dan editing video dengan menggunakan aplikasi kinemaster beserta aplikasi penunjang. Para peserta sangat antusias dalam kegiatan bimtek ini dan pada akhir acara peserta mempresentasikan hasil karyanya berupa video pembelajaran yang siap dimanfaatkan peserta didik.

Peserta Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran

Materi Pengenalan Rumah belajar

Materi Kriteria Video Pembelajaran Standar Rumah Belajar

Editing video dengan Kinemaster

Aktivitas Proses editing video



Menyusun naskah storyline video pembelajaran


Ketua PGRI Kabupaten Kendal Supoyo, S.Pd., M.Si. mengatakan, bimtek pembuatan video pembelajaran tersebut merupakan terobosan dalam menyediakan layanan pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Terobosan ini dinilai perlu karena guru dapat meningkatkan kemampuan TIK dalam membuat video pembelajaran untuk peserta didik.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STp., M.Si., mengatakan, “Tantangan dimasa pandemi salah satunya adalah mengurangi alergi terhadap teknologi". Kalimat ini mampu menumbuhkan guru menjadi lebih kreatif dan inovatif. Semoga mampu meningkatkan mutu guru dan pendidikan.

Peserta mempresentasikan hasil naskah storyline

Proses rekaman pembuatan video pembelajaran

Peserta melakukan Proses rekaman pembuatan video pembelajaran

Proses Rekaman Video Pembelajaran

Proses Rekaman Video Pembelajaran


“Kami berharap para guru yang mengikuti pelatihan ini bisa tetap semangat mengikuti sampai selesai dan bisa menularkan kemampuan yang didapat di pelatihan ini kepada guru-guru lainnya. Sehingga, anak-anak didiknya pun akan semakin interaktif, semangat menerima pembelajaran yang diberikan secara optimal,” ujar Bapak Arifin, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Bidang Pengembangan Profesi PGRI Kabupaten Kendal.

Proses Rekaman Video Pembelajaran

Peserta yang mempresentasikan hasil video mendapat souvenir dari rumah belajar

Peserta yang mempresentasikan hasil video mendapat souvenir dari rumah belaja

Ketua dan pengurus PGRI membersamai jalannya pelaksanaan bimtek

Foto bersama Ketua dan Pengurus PGRI Kab. Kendal


Penutupan acara bimtek video pembelajaran






Posting Komentar

0 Komentar